Labels

Minggu, 24 Maret 2013

BERGEMBIRA MENJADI PENYABAR



BERGEMBIRA MENJADI PENYABAR

الحمد لله الذى جعل اليوم عيدا لعباده الوؤمنين. اشهد ان لا اله الا الله الملك المبين. واشهد ان محمدا عبده ورسوله رحمة للعالمين. اللهم صل على محمد وعلى اله واصحابه وتابعين وتابعى التابعين ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين

Anakku sayang
Pagi 1 Syawal, hari raya idul fitri, ketika mentari  bergerak, menggeser tubuhnya, beranjak dari tempatnya menyepi. Iblis la’natullah tiba-tiba memekik, berteriak sambil memendam amarah. Sesaat kemudian berkumpulah bala tentaranya, seraya berkata:

يا سيدنا من اغضبك؟ إنا نكْسِره
Wahai Tuan kami, siapa yang telah membuatmu murka? Kami pasti akan menghancurkannya!

لا شيئ ولكن الله تعالى قد غفر لهذه الأمة فى هذا اليوم. فعليكم ان تشغلوهم باللذات والشهوات وشرب الخمر حتى يُبغضهم الله
Aku seperti ini dikarenakan Allah swt telah mengampuni umat Muhammad pada hari ini. Oleh karenanya buatlah mereka sibuk dengan berbagai macam kenikmatan, berbagai keinginan-keinginan dan sediakan minuman keras, sehingga mereka akan dibenci oleh Allah sebab melupakan-Nya.


Anakku sayang
Hakekat Idul Fitri adalah kembali bergembira dikarenakan pada hari itu segala dosa kita diampuni oleh Allah swt setelah kurang lebih satu bulan lamanya kita  melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda:

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر ما تقدم من ذنبه
Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan dilandasi iman dan semata-mata karena Allah maka Allah akan ampuni dosa-dosa yang telah diperbuatnya.
Dalam hadis lain, Nabi bersabda:

الجنة مشتاقة الى اربعة نفر, تالى القران وحافظ اللسان ومطعم الجيعان والصائمين فى شهر رمضان
Surga rindu kepada empat golongan. Pertama, pembaca al-Qur’an. Kedua, yang menjaga lidahnya. Ketiga, seseorang yang memberi makan orang lain yang dalam keadaan lapar. Keempat, orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Anakku sayang
Dengan berpuasa menjadikan diri kita menjadi manusia-manusia yang bertaqwa. Taqwa adalah sifat yang termulya diantara sifat-sifat baik lainnya yang dapat dimiliki oleh manusia. Sifat taqwa dapat kita miliki hanya dengan menggunakan kesabaran. Puasa adalah sebagian dari sifat sabar. Nabi bersabda:

الصوم نصف الايمان
Berpuasa adalah sebagian dari sifat sabar.
Sedangkan kesabaran adalah sebagian dari keimanan.Sebagaimana sabda Nabi:

الصبر نصف الايمان
Kesabaran sebagian dari iman.
Ada titik kesamaan antara berpuasa dan memiliki sifat sabar, yaitu dari sisi besarnya pahala bagi orang -orang yang melaksanakannya. Allah sendiri yang akan membalasnya kelak. Tentang pahala puasa Rasulullah bersabda:

كل حسنة يعملها ابن ادم يضاعف له اجرها من عشرة الى سبع مائة ضعف الا الصوم فإنه لى وانا أجزى به
Setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak cucu Adam akan dilipat gandakan pahalanya dari sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat terkecuali pahala puasa, Aku sendiri yang akan membalasnya.
Sedangkan besarnya pahala bagi orang-orang yang sabar dapat kita lihat dalam al-qur’an surat Az-Zumar:10.

إنما يُوفَّى الصابرون اجرَهم بغير حساب
Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.

Anak-anakku sayang
Saat krisis multi dimensi masih kita rasakan di negeri ini, sifat sabar dapat menjadi oase, penyejuk bagi jiwa-jiwa yang kosong dari rasa optimis menjalani hidup. Rasa kecewa dengan kehidupan terkadang membuat kita mencari jalan pintas melakukan perbuatan yang tidak pantas, membunuh jwa-jwa tidak berdosa dengan mengatas namakan agama, mengambil uang rakyat dengan tidak bermartabat, melukai hati sesama tanpa rasa dosa.
Sabar berati mengalahkan sifat jahat diganti dengan sifat baik. Dalam jwa kita terjadi tarik ulur antara baik dan buruk. Barang siapa yang dapat mengalahkan kejahatan dalam dirinya maka ia masuk dalam golongan orang-orang yang sabar. Pemimpin yang tetap dalam kebaikan, tidak menyalahgunakan jabatannya, tidak korupsi, lebih mementingkan orang-orang yang dipimpinnya, berarti ia telah menjadi pemimpin yang sabar. Pendidik yang tetap konsisten untuk mencerdaskan anak didiknya dan dapat menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya, berarti dia menjadi pendidik yang sabar. Siswa yang terus belajar, meningkatkan prestasinya di sekolah, tidak tergoda dengan kenakalan, maka dia menjadi siswa yang sabar. Orang tua yang terus bekerja keras tanpa mengenal lelah demi masa depan anak-anaknya adalah orang tua yang sabar. Orang yang sehat yang tetap beribadah kepada Allah tanpa mengenal waktu, baik dalam Ramadhan maupun luar Ramadhan adalah orang-orang yang sabar. Orang yang ditimpa musibah tapi tetap tersenyum dan sadar apa yang dimiliki pasti akan kembali kepada Allah adalah orang yang sabar. Orang yang kaya harta, tidak sombong, memberikan sebagian hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan, berarti dia orang kaya yang sabar. Orang miskin yang tetap optimis, terus bekerja keras, tidak bermalas-malasan, berarti ia orang miskin yang sabar. Orang yang dapat menjaga lidahnya, pandangan matanya, keinginan perutnya, keinginan kemaluannya, tetap berada di jalan kebaikan, adalah orang-orang yang sabar. Allah swt berfirman dalam al-qur’an, surat al-Baqarah: 125:

والصّابرين فى البأساء والضّرّاء وحين البأس اولئك الذين صدقوا واولئك هم المتقون
Dan orang-orang yang  sabar dalam musibah, kemiskinan, dan dalam medan pertempuran, mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.


Anak-anakku sayang
Betapa besar keutamaan sifat sabar dalam diri manusia, sampai-sampai Allah swt menyebutkan kata sabar dalam al-qur’an lebih dari 70 kali. Manusia yang sabar akan di tempatkan di tempat yang mulya di sisi Allah serta diberi banyak kebaikan. Firman Allah swt dalam al-qur’an surat al-Baqarah:24

وجعلنا منهم يهدون بامرنا لما صبروا
Dan kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar.
Di dalam surat al-Imran ayat 125 Allah swt berfirman:

بلى ان تصبروا وتتقوا ويأتوكم من فورهم هذا يُمْدِدْكم ربُّكم بخمسة الاف من الملائكة مسوِّمين
Ya cukup, jika kamu bersabar dan bertaqwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.

Lalu dalam surat al-Qoshash ayat 54:

اولئك يُؤتَوْن اجرهم مرتين بما صبروا
Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka.
Sedangkan komentar Nabi saat ditanya tentang keutamaan sifat sabar:

ما الايمان؟ فقال الصبر
Nabi ditanya tentang keimanan. Beliau lalu bersabda: Inti sari iman dalah sifat sabar.

Anak-anakku sayang
Mudah-maudahan di hari Idul Fitri ini, kita bersama dapat bergembira, berharap segala dosa kita diampuni oleh Allah swt, dan dijadikan kita termasuk orang-orang yang sabar. Tdak lupa teruntuk saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami musibah, gempa bumi di Jawa Barat, banjir bandang di Mandailing Natal, Sumatera Utara dan di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, serta saudara-saudara kita yang lain, dimanapun merteka berada, semoga mereka diberi kesabaran oleh Allah swt, sehingga kita semua mendapat limpahan hidayah, rahmat serta keberkahan dari Allah swt, sebagaimana firman-Nya  dalam al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 157:

اولئك عليهم صلواتٌ من ربهم ورحمةٌ واولئك هم المهتدون
Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari tuhan mereka, mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.    























       

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate