Labels

Senin, 11 Februari 2013

MARI SEGERA BERTAUBAT



MARI SEGERA BERTAUBAT

الحمد لله الذى جعلنا من الناصحين , وافهمنا من علوم العلماء الراسخين . والصلاة والسلام على من نسخ دينُه أديانَ الكفرة والطالحين , وعلى اله واصحابه الذين كانوا بتمسك شريعته صالحين .


Anakku sayang..
Tidak pernah ada kata terlambat untuk bertaubat dalam hidup. Betapa teramat besar rasa sayang Allah swt kepada hamba-Nya. Dia bukan pintu taubat bagi setiap hamba yang ingin kembali kepada-Nya.
Diceritakan suatu ketika Malaikat Jibril datang kepada Nabi kemudian berkata:

يا محمد إن الله تعالى يقرئك السلام ويقول من تاب من أمتك قبل موته بسَنة قُبلت توبته, فقال النبى عليه الصلاة والسلام ياجبرائيل السنة لأمتى كثيرة لغلبة الغفلة وطول الأمل, فذهب جبرائيل عليه السلام ثم رجع فقال يامحمد إن ربك يقول من تاب قبل موته بشهر قبلت توبته, فقال عليه الصلاة والسلام ياجبرائيل الشهر لأمتى كثير, فذهب ثم رجع فقال يامحمد من تاب قبل موته بيوم قبلت توبته, فقال عليه الصلاة والسلام اليوم لأمتى كثير, فذهب جبرائيل ثم رجع فقال يا محمد إن ربك يقول من تاب قبل موته بساعة قبلت توبته, فقال عليه الصلاة والسلام ياجبرائيل الساعة لأمتى كثيرة, فذهب ثم رجع فقال يامحمد إن الله تعالى يقرئك السلام ويقول من مضى جميع عمره فى المعاصى ولم يرجع الىّ قبل موته بسنة او شهر او يوم او ساعة حتى بلغ الروح الحلقوم ولم يمكن له النطق والإعتذار بلسانه وندم بقلبه قد قفرتُ له.
Wahai Muhammad, sesungguhnya Allah swt mengucapkan salam teruntukmu seraya berfirman: Barang siapa dari umatmu bertaubat setahun sebelum kematiannya maka akan diterima taubatnya . Kemudian Nabi bersabda: Wahai Jibril, setahun bagi umatku adalah waktu yang teramat lama sebab lupanya mereka. Malaikat Jibril lalau pergi dari hadapan Nabi, sesaat kemudian kembali dan berkata: Wahai Muhammad, sesungguhnya Tuhanmu berfirman: Barang siapa dari umatmu bertaubat sebulan sebelum kematiannya maka akan diterima taubatnya. Lalu Nabi bersabda: Wahai Jibril, sebulan bagi umatku adalah waktu yang lama. Malaikat Jibril pergi lalu kembali kepada Nabi dan berkata: Wahai Muhammad, sesungguhnya Tuhanmu berfirman: Barang siapa dari umatmu bertaubat sehari sebelum kematiannya maka akan diterima taubatnya. Nabi kembali bersabda: Wahai Jibril, sehari bagi umatku adalah waktu yang lama. Malaikat Jibril pergi menghadap Allah lalu kembali kepada Nabi dan berkata: Wahai Muhammad, sesungguhnya Tuhanmu berfirman: Barang siapa dari umatmu satu jam sebelum kematiannya bertaubat maka akan diterima taubatnya. Nabi pun bersabda: Wahai Malaikat, satu jam bagi umatku adalah waktu yang lama.  Malaikat Jibril kembali menghadap Allah, sesaat kemudian kembali kepada Nabi dan berkata: Wahai Muhammad, sesungguhnya Allah mengucapkan salam teruntukmu dan berfiman: Barang siapa yang seluruh usianya dilumuri dengan ma’siat dan tidak terlontar kata taubat kepada-Ku, baik setahun, sebulan, sehari, atau satu jam sebelum kematiannya. Hingga saat ruhnya sampai tenggorokan dan tidak satu katapun keluar dari lisannya  sedangkan hatinya timbul penyesalan lalu bertaubat maka niscaya Aku ampuni segala dosanya.


Anakku sayang..
Bertaubat berarti menggantikan sesuatu yang buruk diganti dengan yang baik, تبديل الحركات المذمومات بالحركات المحمودات . Tiga hal yang harus kita penuhi jika kita ingin dikatakan termasuk orang yang taubat. Pertama, terlebih dahulu kita harus sadar dan yakin bahwa setiap dosa-dosa yang kita lakukan di dunia pasti akan mendapatkan balasan berupa siksa Allah kelak di akhirat. Bahwa teramat pedih tiada tara siksa api neraka akibat dosa-dosa tersebut. Hingga tidak ada seorang pun yang kuat menanggung pedihnya siksa api neraka. Kedua, bila kita telah sadari akibat buruk dosa-dosa yang kita lakukan, timbul rasa penyesalan yang mendalam dalam diri kita. Menyesal sebab telah melakukan dosa sehingga menjauhkan diri  kita dari Sang Pencipta, Allah swt. Ketiga, setelah ada rasa sesal yang mendalam, kemudian kita lanjutkan dengan segera bertindak meninggalkan setiap dosa yang kita lakukan dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi di masa-masa yang akan datang, serta berusaha meraih amal-amal baik untuk menutupi setiap dosa yang telah kita perbuat.


Anakku sayang..
Selama ini mungkin tanpa sadar kita telah menjadi orang-orang yang merasa bangga dengan dosa-dosa yang telah kita lakukan. Berapa banyak perintah-perintah  Allah yang telah kita abaikan selama ini?
Berapa banyak orang-orang yang kita sakiti hatinya? Berapa banyak janji yang kita buat namun tidak pernah kita tepati? Kita selalu meminta kepada Allah diberi segala ni’mat hidup padahal tanpa sadar kita telah membuat jarak yang semakin jauh dari-Nya sebab dosa-dosa yang kita lakukan setiap saat . Kita maki dan persalahkan  keadaan kita yang serba sulit akibat persoalan hidup yang menimpa kita. Kita sering mengeluh. Tanpa pernah bertanya kepada diri sendiri, apakah selama ini kita pernah sesali dosa-dosa yang pernah kita lakukan? Padahal Allah mewajibkan kepada kita untuk segera bertaubat setiap kali ada dosa yang kita perbuat. Firman-Nya dalam surat an-Nur  ayat 31:

وتوبوا الى الله جميعا ايه المؤمنون لعلكم تفلحون

Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman  supaya kamu beruntung.


Anakku sayang..
Mudah-mudahan, kita menjadi hamba-hamba Allah yang suka bertaubat kepada-Nya. Tidak perlu menunggu esok ataupun lusa, tapi detik ini, saat ini juga, mari kita tancapkan dalam hati bahwa betapa  besar bahaya akibat dosa-dosa yang kita perbuat. Kemudian timbul rasa sesal yang mendalam. Setelah itu kita bertekad untuk tidak mengulanginya lagi di hari-hari kemudian. Kita ganti lembaran-lembaran buruk hidup kita kemarin dengan amal-amal yang baik. Sehingga pada akhirnya kita menjadi pribadi yang lahir kembali tanpa ada dosa. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw:

التائب حبيب الله و التائب من الذنب كمن لا ذنب له
Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Dan yang yang bertaubat dari dosa layaknya orang yang telahir kembali tanpa dosa.
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
يا ايها الذين امنوا توبوا الى الله توبة نصوحا
Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya (QS. At-Tahrim:8)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate