Labels

Sabtu, 09 Februari 2013

RAJAB YANG AGUNG



RAJAB YANG AGUNG

الحمد لله الذى تتحير دون إدراك جلاله القلوب والخواطر , وتدهش فى مبادى إشراق أنواره الأحداق والنواظر , المطلع على خفيات السرائر , العالم بمكنونات الضمائر , المستغنى فى تدبير مملكته عن المشاور والموازر , مقلب القلوب وغفار الذنوب , وستار العيوب , ومفرج الكروب . والصلاة على سيد المرسلين , وجامع شمْل الدين , وقاطع دابر الملحدين , وعلى اله الطيبين الطاهرين , وسلم كثيرا.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah menetapkan bulan Rajab ada di antara dua belas bulan lainnya di sisi-Nya. Sebagaimana firman-Nya:

ان عدةَ الشُّهورِ عند الله اثناعشر شهْرًا فى كتاب الله يومَ خلق السمواتِ والارضَ منها اربعةٌ حُرُمٌ
Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram, yaitu Rajab, Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, dan Muharram. (QS. Attaubah:36)

Shalawat dan salam, mari selalu kita haturkan kepada baginda Rasulullah, Muhammad SAW yang telah menginformasikan kepada kita bahwa bulan Rajab adalah bulan milik Allah.
قال عليه الصلاة والسلام : إن رجب شهر الله وشعبان شهرى ورمضان شهر امتى
Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan milik Allah, bulan Sya’ban adalah bulan milikku, dan bulan Ramadhan adalah bulan milik umatku.

Anakku sayang..
Hari ini kita masih berada di awal bulan Rajab. Bulan, di mana setiap keburukan dan kejahatan setiap hamba akan tertutupi sebab ada rahmat dan kebaikan Allah SWT. Bulan, di mana setiap kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya menjadi 70 kali lipat. Bulan, di mana para Malaikat memohonkan belas kasih serta ampunan teruntuk umat Nabi Muhammad. Permohonan para Malaikat itupun langsung dijawab Allah SWT:

يا ملائكتى وعزتى وجلالى قد غفرت لهم
Wahai para Malaikat-Ku. Demi keagungan dan kemulyaan-Ku, sungguh telah Aku ampuni dosa-dosa umat Muhammad.

Anakku sayang..
Rajab berarti keagungan. Sebab bangsa Arab zaman dahulu, di masa jahiliyah, sangat mengagungkan bulan Rajab. Mereka buka pintu ka’bah selama satu bulan penuh. Mereka menghentikan peperangan, menyudahi rasa permusuhan di antara mereka, sebab menghormati bulan ini. Bulan ini adalah bulan kebaikan. Akan dicatat setiap amal baik. Akan diabaikan amal buruk. Para Malaikat pencatat amal manusia, terasa enggan, tuli, seperti tidak mendengar setiap kejahatan yang dilakukan oleh manusia. Itu karena mereka mengagungkan bulan Rajab. 

Anakku sayang..
Alangkah merugi diri kita bila sampai bulan ini masih ada rasa dengki, rasa curiga, iri, amarah, hasud, sakit hati kepada orang lain. Sudah waktunya kita lapangkan dada untuk dapat memafkan, kita ulurkan tangan untuk saling memberi, kita tebar kedamaian meskipun hanya lewat senyuman, husnuzzan, kita baik sangka kepada orang lain. Bila kaum Jahiliyah, makhluk yang tidak bermoral saja dapat menghentikan sejenak perbuatan tercela pada bulan Rajab. Mengapa kita, sebagai makhluk yang bermoral tidak dapat menghentikan perbuatan tercela pada bulan ini?
Marilah di bulan baik ini, kita isi dengan memperbanyak puasa, kita bertaubat kepada Allah, menyesali setiap dosa yang telah kita perbuat di masa lalu, kita perbanyak mengingat Sang Pencipta. Nabi bersabda; 

قال عليه الصلاة والسلام انيبوا الى ربكم واستغفروا من ذنوبكم واجتنبوا المعاصى فى الشهر الحرام وهو رجب
Rasulullah SAW bersabda: Kembalilah kepada Tuhanmu pada bulan Rajab ini, minta ampunlah atas dosa-dosamu, dan jauhilah segala bentuk ma’siat.

Tidak lupa kita berdoa, semoga pesan bulan Rajab juga dapat sampai kepada saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah perang saudara di kawasan Timur Tengah, seperti di Tunisia, Mesir, Yordania, Yaman, Bahrain, Suriah, Arab Saudi, dan diberbagai belahan dunia lainnya. Semoga damai dapat cepat tercipta di negeri mereka.

 اللهم بارك لنا فى رجب

Ya… Allah berkahilah kami di bulan Rajab ini

اللهم بارك لنا فى شعبان
Ya… Allah berkahilah kami di bulan Sya’ban nanti

اللهم وبلّغنا رمضان برحمة ومغفرة ورضوان
Ya… Allah panjangkanlah umur kami, sehingga kami dapat menjumpai bulan Ramadhan dengan mendapatkan  rahmat, ampunan dan ridho dari-Mu.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
وسارعُوْا الى مغفرةٍ من ربكم وجنَّةٍ عرْضُها السمواتُ والارضُ اُعِدّتْ لِلْمتّقينَ
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali Imron:133)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate