Labels

Sabtu, 09 Februari 2013

MARI BERBUAT DENGAN NIAT BAIK



MARI BERBUAT DENGAN NIAT BAIK

نحمد الله حمد الشاكرين ونؤمن به إيمان الموقنين ونقر بوحدانيته إقرار الصادقين ونشهد أن لا إله إلا الله رب العالمين وخالق السموات والأرضين ومكلف الجن والأنَس والملائكة المقربين أن يعبدوه عبادة المخلصين فانه أغنى الأغنياء عن شركة المشاركين, والصلاة على نبيّه محمد سيد المرسلين وعلى جميع النبيين وعلى اله وأصحابه الطيبين الطاهرين.

Segala puji bagi Allah, dengan pujian yang tulus sebagaimana pujiannya orang-orang yang bersyukur kepada-Nya. Shalawat dan salam selalu tercurah kepada pemimpin para rasul yaitu nabi, Muhammad saw.

Anakku sayang..
Hari-hari ini kita dipertontonkan dengan kekerasan yang terjadi di institusi yang mestinya dapat menjadi contoh baik bagi kita orang awam. Belum lama perilaku kasar di sertai kata-kata kotor terlontar dari mulut para anggota dewan yang terhormat, para mahasiswa, juga dari adik-adik siswa SMK yang dengan gagah berani merusak fasilitas umum.
Mengapa ini terjadi di negeri yang terkenal santun dan ramah tamah? Agama tidak pernah melarang manusia untuk marah. Sebab marah termasuk karakteristik sifat manusia, sama seperti rasa cinta, benci, tangis, tawa, senyum, dan yang lainnya. Sabda Nabi لا تغضب   , jangan engkau marah. Ini bukan berarti Beliau melarang kita untuk marah. Maksud Beliau adalah  agar kita dapat mengendalikan diri ketika marah dan menghindar dari akibat buruk sebab marah.

Anakku sayang..
Tat kala Malaikat membawa lembaran-lembaran catatan amal baik manusia untuk diserahkan kepada Allah SWT. Saat itu  Allah memerintahkan kepada Malaikat agar catatan amal baik tersebut diubah dengan catatan yang buruk. Malaikatpun terkejut seraya berkata:

يا ربنا إنه لم يعمل شيئا من ذلك
Wahai Tuhan kami, bukankah ia tidak melakukan sedikitpun perbuatan buruk?.
Allah menjawab ; إنه نواه  , sesungguhnya ia berbuat baik dengan niat yang buruk.
 
Anakku sayang..
Setiap perbuatan yang kita lakukan tergantung dari apa yang kita niati. Nabi bersabda;

إنما الأعمال بالنيات ولكل امرئ ما نوى فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها أو امرأةٍ يُنكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه.
Setiap perbuatan dilihat dari niatnya. Seseorang akan memperoleh dari apa yang ia niati. Barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-nya maka akan memperoleh pahala sebab hijrahnya tersebut. Dan barang siapa yang hijtahnya karena dunia maka ia akan mendapatkannya. Atau hijrahnya sebab wanita maka ia akan menikahinya. Maka nilai hijrahnya seseorang tergantung dari apa yang diniati.

Sebagian Ulama Salaf mengatakan;

رب عمل صغير تعظمه النية ورب عمل كبير تصغره
Banyak amal yang kecil menjadi besar nilainya sebab niat. Dan banyak amal yang besar menjadi kecil nilainya di sebabkan oleh niat.

Secara garis besar, perbuatan manusia dikelompokkan menjadi tiga kategori. Pertama, perbuatan-perbuatan makisat. Pada bagian ini niat tidaklah bermakna karena tidak akan memberi nilai baik. Seperti kita memberikan harta kepada fakir miskin, panti asuhan, masjid, sekolah-sekolah, dan tempat lainnya. Tapi harta yang kita berikan didapat dengan cara yang tidak baik. Maka niat baik kita tersebut tidaklah bermakna, tidak akan mendapatkan pahala. Sama seperti saudara-saudara kita yang berniat berjhad di jalan Allah tapi dengan cara membunuh jiwa-jiwa yang tidak berdosa. Niat mereka menjadi hambar, tidak bermakna, tidak akan mendapatkan kebaikan sedikitpun di sisi Allah SWT.
Kategori kedua, perbuatan-perbuatan tha’at. Yaitu setiap perbuatan yang diperintahkan Allah untuk dilaksanakan, baik wajib maupun sunnah. Pada bagian ini niat menjadi bermakna, punya nilai kebaikan. Setiap satu niat baik akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan. Berapa kebaikan yang dapat kita peroleh manakala kita keluar rumah untuk mencari nafkah bagi keluarga. Banyak niat yang dapat kita ucapkan, diantaranya berniat agar harta yang kita peroleh dapat menjaga fisik keluarga tetap sehat sehingga dapat beribadah kepada Allah dengan tenang, berniat agar anak tetap dapat menempuh pendidikannya sehinga kelak menjadi orang yang berguna, berniat bila ada kelebihan harta yang diperoleh akan diberikan kepada sesama yang membutuhkan. Bagian ketiga, adalah perbuatan-perbuatan yang masuk kategori mubah, yaitu perbuatan yang boleh kita lakukan atau ditinggalkan. Seperti makan, minum, tidur, tersenyum, duduk, dan yang lainnya. Bila diniati dengan yang baik maka akan memperoleh kebaikan. 

Anakku sayang..
Berniat berarti kecenderungan jiwa kepada sesuatu yang ingin dituju. Keinginan untuk melakukan perbuatan tha’at atau yang mubah akan mendatangkan kebaikan bila diiringi dengan niat baik. Sebaliknya, perbuatan tha’at atau yang mubah akan membawa kepada dosa jika diiringi dengan niat yang buruk.
Boleh jadi, bentuk kekerasan, tindakan anarkis yang belakangan marak terjadi di negeri ini disebabkan oleh tidak diiringi dengan niat baik dari pelakunya. Boleh jadi, hanya sedikit kebaikan yang kita peroleh atau bahkan tidak ada sedikitpun kebaikan yang kita dapatkan dari perbuatan-perbuatan baik yang kita lakukan selama ini. Itu disebabkan setiap perbuatan yang kita lakukan tidak pernah kita iringi dengan niat baik. Padahal Allah SWT berjanji akan memberikan petunjuk kepada jalan kebaikan bila setiap perbuatan yang kita lakukan dibarengi dengan niat yang baik. Firman-Nya dalam al-Qur’an surat An-Nisa ayat 35 ;    
  
إن يريدا إصلاحا يوفق الله بينهما
Jika kedua orang juru damai itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah member taufik kepada suami-istri itu.

Nabi juga bersabda;

من هم بحسنة ولم يعملها كتبت له حسنة
Barang siapa yang berniat baik kemudian ia tidak melaksanakannya maka tetap akan dicatat teruntuknya satu kebaikan. 

Mari, mulai saat ini, mulai detik ini, kita iringi setiap perbuatan yang kita lakukan dengan niat yang baik. Agar setiap tingkah laku kita menjadi bermakna, mendapatkan kebaikan di sisi Allah SWT.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
ولا تطرد الذين يدعون ربهم بالغداة والعشىِّ يريدون وجهه
Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan di petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya (QS: al-An’am: 52)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate