Labels

Minggu, 24 Maret 2013

JUJUR JALAN BAHAGIA DUSTA MEMBAWA SENGSARA



JUJUR JALAN BAHAGIA DUSTA MEMBAWA SENGSARA

نحمدالله حمد الشاكرين ونؤمن به ايمان الموقنين ونقر اقرار الصادقين, ونشهد ان لا اله الا الله رب العالمين وخالق السموات والارضين ومكلف الجن والأنَس والملائكة المقربين ان يعبدوه عبادة المخلصين فانه اغنى الاغنياء عن شركة المشاركين, والصلاة على نبيه محمد سيد المرسلين وعلى جميع النبيين وعلى اله واصحابه الطيبين.

Anak-anakku sayang
Minimal tujuh belas kali dalam sehari semalam kita mengucapkan kalimat  اياك نعبد, hanya kepada-Mu ya  Allah kami menyembah.
Kata اياك نعبد  berarti pengakuan kita sebagai hamba Allah. Bila ada ketergantungan kita kepada selain Allah, itu berarti kita telah berbohong dengan ucapan kita selama ini.
Banyak dari kita tanpa sadar telah menjadi hamba sebuah jabatan. Sebab harta, banyak pula dari kita tanpa sadar telah menjadi pemuja materi.
Jika hidup ini berharap dari apa yang kita jabat. Bila hidup ini bergantung dari apa yang kita miliki. Maka yakinlah bahwa salama ini kita telah berbohong dari kata yang kita ucapkan setiap hari, di siang dan malam, yaitu kata:

اياك نعبد واياك نستعين
Hanya kepada-Mu kami menyembah dan kepada-Mu kami meminta pertolongan.
Mari sama-sama kita introspeksi diri. Tat kala kedua tangan ini terangkat. Mulut mengucap takbiratul ihrom. Diiringi dengan niat untuk melaksanakan shalat. Maka seketika itu hati ini hanya tercurah kepada Allah. Tidak boleh berpaling ke lain hal. Ketika hati ini berpaling kepada sesuatu selain Allah. Maka kita telah berbohong, tidak jujur dengan kalimat yang kita ucapkan:

انى وجهت وجهي للذى فطر السموات والارض
Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi.

Anak-anakku sayang
Rasanya semakin sulit kita temukan kejujuran di negeri ini. Laksana mencari mutiara di lautan. Atau bagaikan menemukan oase di padang tandus tak bertuan.
Kita sering katakan negeri ini berlimpah sumber daya alamnya. Padahal puluhan juta rakyatnya hidup dalam kubangan kemiskinan. Isi lautannya dicuri oleh nelayan asing. Hutannya terus ditebang hingga mencapai 2,8 juta hektar pertahun, tercepat di dunia. Sebanyak 300.000 hektar lahan pertanian setiap tahunnya telah beralih fungsi ditanami dinding berbeton tumbuh menjadi real eastat.
Kita katakan bahwa siapapun dia, sama di mata hukum. Tapi mengapa dibangun istana di dalam penjara bagi orang-orang tertentu dengan fasilitas penyejuk ruangan, pesawat merek terkenal, lemari pendingin, telepon genggam mewah, sampai pada ruangan karaoke ada di dalamnya.
Kita katakan bahwa negeri ini berketuhanan Yang Maha Esa. Mayoritas penduduknya adalah muslim terbesar di dunia. Tapi mengapa kita tidak bisa menjadi contoh sebagai umat yang terbaik. Kebesaran Allah kita ganti dengan kemaha kuasaan uang. Hidup seolah hanya untuk uang. Kita jual harga diri kita demi uang. Kita caci maki korupsi sambil menikmati hasilnya. Suara rakyat bukan lagi suara tuhan, tapi suara uang. Uang telah menjadi opium peradaban modern. Melupakan jati diri manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang seharusnya menebar cinta kasih kepada sesama dan saling menolong dengan penuh keikhlasan.

Anak-anakku sayang
Jujur berarti ada kesesuaian antara kenyataan dengan ucapan, hati dan prilaku. Bila kita katakan bahwa Allah tuhan kita. Dia satu-satunya tempat kita menyembah dan minta pertolongan. Maka kita telah berbohong jika kita gantungkan hidup kita kepada uang, jabatan dan harta. Kita juga telah berbohong jika terdapat luka di hati orang lain sebab prilaku buruk kita. Karena kita telah berjanji untuk saling menyayangi kepada sesama.
Nabi telah berpesan bahwa kejujuran akan membawa kepada kebahagiaan. Dan kebohongan akan membawa kepada kesengsaraan. Sabda beliau:

ان الصدق يهدى الى البر والبر يهدى الى الجنة وان الرجل ليصدق حتى يكتب عند الله صديقا وان الكذب يهدى الى الفجور والفجور يهدى الى النار وان الرجل ليكذب حتى يكتب عند الله كذابا
Sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan kepada kebaikan, dan kebaikan akan membawa kepada surga. Seseorang yang selalu jujur akan Allah beri gelar siddiq. Sedangkan kebohongan akan mengantarkan kepada kesengsaraan, dan kesengsaraan akan membawa ke neraka. Seseorang yang selalu berbohong akan Allah beri gelar kazzab.

Anak-anakku sayang
Marilah sama-sama kita mulai dari diri kita sendiri untuk berusaha jujur. Bila kita takut, takutlah kepada Allah. Bila kita berharap, berharaplah kepada Allah. Bila kita mengagungkan, agungkanlah Allah. Bila kita berserah diri, serahi diri kita kepada Allah. Dan bila kita mengingini cinta, cintailah Allah. Tidak kepada yang lain kecuali kepada Allah. Sehingga kelak kita menemukan keberuntungan, mendapat surga dari Allah.
Sebagaimana firman-Nya dalam surat al-Baqarah ayat 177:

اولئك الذين صدقوا واولئك هم المتقون
Mereka itulah orang-orang yang benar imannya, dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.
Dan muda-mudahan diri kita terhindar dari sifat dusta yang akan membawa kita kepada kesengsaraan api neraka. Allah berfirman dalam surat az-Zumar ayat 60:

ويوم القيامة ترى الذين كذبوا على الله وجوهُم مُسودّة
Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam.


انما المؤمنون الذين امنوا بالله ورسوله ثم لم يرتابوا وجاهدوا باموامهم وانفسهم فى سبيل الله اولئك هم الصادقون
Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar.     
 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate