Labels

Minggu, 24 Maret 2013

MARI BERAKHLAKUL KARIMAH



MARI BERAKHLAKUL KARIMAH

الحمد لله الذى جعلنا من الناصحين , وافهمنا من علوم العلماء الراسخين . والصلاة والسلام على من نسخ دينُه أديانَ الكفرة والطالحين , وعلى اله واصحابه الذين كانوا بتمسك شريعته صالحين

Segala puji bagi Allah, yang menjadikan diri ini terhormat sebab akhlak mulia dan menjadikan diri ini hina sebab akhlak tercela. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada pemimpin para rasul yaitu  Muhammad SAW, yang budi pekertinya adalah al-Qur’an.

Anak-anakku sayang
Tahukah, bila suatu penyakit menimpa diri kita, apapun namanya, seberat apapun deritanya, dan seganas apapun bentuknya, hanya akan merusak jasad kita. Tapi ada satu penyakit yang tidak hanya membinasakan satu orang. Lebih dari itu, akibat penyakit tersebut satu generasi bisa hancur hingga generasi berikutnya. Penyakit itu bernama degradasi moral, runtuhnya nilai-nilai moral, akhlak dalam diri kita. Ini salah satu penyakit jiwa. Hanya dengan mensucikan diri bersama penyakit ini dapat hilang. Terlebih Allah mencintai seseorang yang mensucikan dirinya. قد افلح من زكاها sungguh beruntung orang yang mensucikan jiwanya itu. Dan Dia mencela seseorang yang mengotori jiwanya, وقد خاب من دساها dan sesungguhnya rugi bagi orang yang mengotori jiwanya.

Anak-anakku sayang
Saat ini, moralitas bangsa mungkin berada dalam tarap nadir, di jurang kehancuran. Betapa tidak? Dengan uang rakyat, para wakil rakyat kita berencana membangun gedung baru dengan nominal 1,13 triliun rupiah. Di mana hati nurani mereka? Di saat puluhan juta penduduk negeri ini masih dibalut kemiskinan. Sulitnya lahan pekerjaan. Kebutuhan akan hunian layak tinggal. Mahalnya biaya rumah sakit. Dan bobroknya sarana pendidikan kita. Sebentar lagi bangsa ini mengadakan perhelatan Ujian Nasional dengan biaya 500 milyar rupiah. Padahal sudah menjadi rahasia umum bila kecurangan Ujian Nasional terjadi hampir di seluruh lembaga pendidikan kita. Jika uang tersebut digunakan untuk membangun gedung sekolah baru, berapa ruangan yang terbangun? Belum lagi keadaan akhlak atau moral remaja kita, anak-anak kita. Menurut survei, 90% lebih remaja, anak-anak kita sudah bercumbu dengan lawan jenisnya, 60% lebih mereka telah melakukan hubungan badan di luar nikah. Tanpa sadar, keadaan ini telah masuk dalam lingkungan kita, dalam rumah-rumah kita.

Anak-anakku sayang
Rasulullah pernah ditanya:

اي الاعمال افضل قال خلق حسن
Perbuatan manusia yang paling baik itu apa wahai Rasul? Rasul menjawab: yaitu akhlak mulia, budi pekerti yang baik.
Dilain kesempatan Rasulullah bersabda:

اثقل ما يوضع فى الميزان يوم القيامة تقوى الله وحسن الخلق
Paling beratnya amal baik yang ada dalam timbangan pada hari kiamat yaitu taqwa kepada Allah dan akhlak yang baik.
Imam Anas bin Malik mengatakan: Seorang hamba dengan sebab akhlaknya yang baik dapat menggapai derajat surga yang tertinggi meskipun ia tidak termasuk orang yang ahli ibadah. Sebaliknya, seorang yang ahli ibadah dapat terjerumus ke dalam neraka yang paling hina sebab akhlaknya yang tidak terpuji.

Anak-anakku sayang
Akhlak atau budi pekerti bukan tentang prilaku seseorang yang suka berderma. Boleh jadi seseorang yang tidak berderma memiliki akhlak mulia karena hatinya yang ingin memberi tapi tidak memiliki harta. Akhlak juga bukan apa-apa yang kita lihat. Akhlak adalah keadaan yang mengakar di dalam jiwa. Bila keadaan itu secara spontanitas cenderung kepada kebaikan maka akan lahir akhlak mulia, budi pekerti yang baik. Sebaliknya bila keadaan itu secara spontanitas cenderung kepada keburukan  maka akan lahir akhlak tercela.
Empat hal yang menjadikan seseorang dikatakan berakhlakul karimah. Pertama, ia punya kemampuan untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk. Kedua, punya sahwat, hasrat atau keinginan untuk berbagi. Ketiga, mempunyai rasa amarah untuk menimbulkan keberanian. Dan Kempat, punya rasa keadilan yang dapat mengatur keinginan dan amarah tersebut agar selalu dalam bimbingan akal dan berada di jalan kebenaran menurut agama.


Anak-anakku sayang
Mudah-mudahan Allah SWT menghiasi jiwa-jiwa kita dengan akhlak-akhlak terpuji sebagaimana doa yang selalu Nabi ucapkan:

اللهم انى اسئلك الصحة والعافية وحسن الحلق
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu sehat walafiat dan akhlak terpuji.

Sehingga hasrat sahwat atau keinginan para pemimpin kita tidak melampaui batas akal sehat. Anak-anak remaja kita diberi pengetahuan yang sempurna sehingga dapat terhindar dari perbuatan asusila.
Mari bersama-sama kita berlatih menjadi manusia yang berakhlak mulia dengan cara terlebih dahulu membuang kebiasaan buruk diganti dengan kebiasaan yang baik sehingga kita dapat mengontrol hasrat sahwat dan amarah sesuai dengan keinginan akal sehat dan norma agama. Ingat, manusia bodoh bukanlah seseorang yang tanpa ilmu pengetahuan, الاحمق مقصوده صحيح ولكن سلوكه فاسد Orang bodoh adalah sesorang yang bertujuan baik tapi dengan jalan yang salah. Dan orang yang gila itu bukanlah manusia tanpa akal pikiran, المجنون فانه يختار مالا ينبغى Orang gila itu adalah seseorang yang memilih sesuatu yang tidak layak untuk dipilih.
Adanya kebodohan dan kegilaan dalam dri kita itu disebabkan kita lebih mengedepankan hasrat keinginan nafsu dan emosi ketimbang akal sehat.

Demikianlah, ada baiknya marilah kita amini sepenggal doa Nabi berikut:

اللهم اهدنى لاحسن الاخلاق لا يهدى لاحسنها الا انت واصرف عنى سيئها لا يصرف عنى سيئا الا انت
Ya Allah berilah aku petunjuk untuk memperoleh akhlak yang terpuji. Tidak ada seorangpun yang dapat memberikan petunjuk kecuali Engkau. Dan palingkan driku dari akhlak tercela. Tdak ada seorangpun yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.

وانك لعلى خلق عظيم
Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar, berbudi pekerti yang luhur (QS: al-Qalam: 4)    

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate