Labels

Kamis, 30 Oktober 2014

MURAQABAH, TERASA MELIHAT ALLAH



MURAQABAH, TERASA MELIHAT ALLAH
الحمد لله القائم على كل تفس مما كسبتْ الرقيبِ على كل جارحةٍ بما اجترحتْ المطلع على ضمائر القلوب إذا هجستْ . والصلاة والسلام على محمد سيد الأنبياء وعلى اله سادة الأصفياء وعلى أصحابه قادة الأتقياء.
ا

Anak-anakku sayang..
Pada kesempatan kali ini, sepenggal kisah berikut mudah-mudahan dapat menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang merasa diawasi Allah swt. kapanpun, dimanapun, sehingga kita selalu tetap berada di jalan kebaikan.
وحكى أنه كان لبعض المشايخ من هذه الطائفة تلميذٌ شابٌّ وكان يكرمه ويقدّمه
Dikisahkan, ada sekelompok orang tua yang di dalamnya terdapat seorang pemuda yang disegani dan dihormati.
فقال له بعض أصحابه كيف تكرم هذا وهو شاب ونحن شيوخ؟
Beberapa orang tua pun protes tentang penghormatan yang diberikan kepada pemuda tersebut, seraya berkata; Bagaimana mungkin pemuda itu dihormati, padahal kami lebih tua darinya?
فدعا بِعدةٍ طيورٍ وناولَ كلَّ واحدٍ منهم طائرا وسِكّيناً وقال لِيذْبحْ كلُّ واحد منكم طائره فى موضع لا يراه أحدٌ ودفع إلى الشاب مثل ذلك وقال له كما قال لهم
Didatangkanlah beberapa ekor burung disertai dengan pisau pemotong kemudian diberikan satu persatu kepada mereka termasuk kepada pemuda tersebut. Mereka semua diperintahkan untuk menyembelih burung di suatu tempat yang tidak terlihat oleh siapapun juga.
فرجع كل واحد بطائره مذبوحاً ورجع الشاب والطائر حىٌ فى يده
Mereka semua pun kembali dengan membawa burung yang telah disembelih, kecuali pemuda tersebut datang dengan membawa burung yang belum disembelih.
فقال مالَك لم تذْبحْ كما ذبح أصحابك
Mengapa engkau tidak menyembelih sebagaimana yang telah dilakukan oleh yang lainnya? Pemuda itupun menjawab;
فقال لم أجدْ موضعاً لا يرانِى فيه أحدٌ إذِ اللهُ مطلع علىّ فى كل مكان
Aku tidak mendapati suatu tempat di manapun yang tersembunyi yang tidak terlihat, sebab Allah melihatku di mana pun aku berada.
فاستحسنوا منه هذه المراقبةَ وقالوا حقٌّ لك أن تكرم.
Akhirnya mereka pun mengakui mengapa pemuda itu lebih mulia dibanding mereka semua, sebab pemuda itu melakukan muraqabah.

Anak-anakku sayang..
Muraqabah berarti menjaga hati untuk tetap dalam pengawasan Allah swt. Yakin bahwa sesungguhnya Allah mengetahui setiap detak jantung hamba-hamba-Nya, mengawasi setiap apa pun yang dilakukan oleh hamba-Nya. Dia dapat menyingkap rahasia hati setiap manusia. Bila kita berada di jalan kebaikan lalu kita ingat bahwa apa yang kita lakukan diawasi Allah swt. maka akan lahir sifat ikhlas, bertanggung jawab, dan menjaga etika yang ada.
Bila kita berada di jalan maksiat kemudian ingat bahwa apa yang kita perbuat diawasi Allah swt. maka timbul rasa sesal, malu, bertafakkur diri kemudian bertaubat. Demikian pula bila kita berada di antara dua jalan, antara taat dan maksiat atau yang biasa kita kenal dengan perkara mubah maka bentuk muraqabah kita adalah timbul rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Anak-anakku sayang..
Mudah-mudahan kita bisa selalu bermuraqabah, merasa diri terus diawasi Allah swt. kemudian kita kembali kepada-Nya berada di jalan kebaikan. Sudah berapa banyak dosa yang telah kita perbuat? Mungkin disebabkan kita lupa bahwa Allah selalu mengawasi kita, kapan pun, dimana pun kita berada. Allah swt. berfirman;   
واعلموْا أنّ الله يعلم ما فى انفسِكم فاحْذروهُ
Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada di dalam hatimu (QS. Al Baqarah: 235)
Dilain surat, Allah berfirman;



ألمْ يعلمْ بأنّ اللهَ يرى
Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya? (QS. Al ‘Alaq: 14)
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
يا ايها الناس اتّقوا ربَّكم الذى خلقكم من نفس واحدةٍ وخلق منها زوجها وبثَّ منهما رجالاً كثيراً ونساءً واتقوا الله الذى تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيبا
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (QS. An Nisaa: 1)



Bekasi, 31 Oktober 2014
Teruntuk Ananda Moh. As’ad Zahid;
Kangkangilah dunia tapi tetap selalu ingat
bahwa Allah mengawasi kita
agar kamu tetap rendah hati….

2 komentar:

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate