Labels

Kamis, 07 Februari 2013

KETIKA SANGKAKALA DITIUP



KETIKA SANGKAKALA DITIUP

الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونتوب اليه, ونعوذ بالله من شرور انفسنا, ومن سيئات أعمالنا, من يهده الله فلا مضل له, ومن يضلل فلا هادي له, ونشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له, ونشهد أن محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وعلى اله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.


Anakku sayang..
Tatkala malaikat Israfil meniupkan sangkakala yang pertama kali, maka dimulailah kehancuran apa yang ada di langit dan di bumi, terkejut tak terkira seluruh makhluk, terlepas anak-anak yang disusui dari gendongan ibunya, kandungan perempuan-perempuan hamil berguguran, para bayi seketika menua dan beruban. Semua menjerit ketakutan. Demikianlah ketika kiamat telah tiba.
ويومَ يُنفعُ فى الصُّورِ فَفَزِعَ مَن فى السموات ومَن فى الارض
Dan ingatlah hari itu ketika ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi (QS. An Naml: 87)

Anakku sayang..
Ketika ketakutan meyelimuti seluruh makhluk langit dan bumi. Malaikat Israfil kembali meniupkan sangkakala untuk yang kedua kali. Seketika mati semua makhluk yang ada di langit dan bumi, kecuali malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Malaikat maut, dan malaikat pembawa ‘arsy.
وَنُفِخَفىالصُّورِفَصَعِقَمَنفىالسمواتومَنفىالارضإلامَنشاءَالله
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah (QS. Az Zumar: 68)
Kemudian Allah perintahkan kepada malaikat Maut untuk mencabut ruh-ruh mereka. Setelah itu Allah berfirman kepada malaikat Maut;
يا ملك الموت من بقى من خلقى؟ فيقول يا رب بقى العبد الضعيف ملك الموت, فيقول الله تعالى: يا ملك الموت ألم تسمع قولى (كل نفس ذائقة الموت) إقبض روح نفسك. فيجيئ ملك الموت إلى موضع بين الجنة والنار, وينْزَع روحه.

Anakku sayang..
Setelah tiupan sangkakala kedua, sunyi alam maya pada, tidak ada yang tersisa kecuali Dzat yang tak pernah mati, hidup abadi, tak tersentuh ruang dan waktu, yaitu Allah SWT, لله الواحد القهار .
Beberapa lama kemudian. Allah ciptakan kembali langit dan bumi. Allah hidupkan kembali malaikat Israfil, Mikail, Izrail, dan Jibril. Allah turunkan air dari langit ke bumi hingga tumbuh jasad-jasad manusia, laksana benih yang tumbuh di musim hujan. Kemudian Allah perintahkan malaikat Israfil untuk meniupkan sangkakala yang ketga kalinya.
ثم نُفِخَ فيه أُخْرَى فإذَا هُمْ قِيامٌ يَنْظُرُونَ
Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu putusannya masing-masing (QS. Az Zumar: 68)
Seketika keluar ruh-ruh masuk ke dalam jasad masing-masing. Mereka semua kemudian dikumpulkan di Padang Mahsyar. Mereka terdiri dari bangsa jin dan manusia. Berkumpul untuk mempertanggung jawabkan setiap perbuat selama hidup di dunia. Surga, tempat kembali bagi mereka yang melakukan amal baik. Dan neraka, tempat kembali bagi mereka yang melakukan amal buruk.

Anakku sayang..
Mudah-mudahan, di hari kiamat kelak, ketika suara sangkakala membangunkan kita dari alam kubur, kita dikumpulkan ke dalam golongan dengan muka yang berseri-seri sebab amal-amal baik yang kita lakukan selama hidup di dunia.
اعوذباللهمنالشيطانالرجيم
يا أيها الناسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ. يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّا أَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللهِ شَدِيْدٌ.
Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat dahsyat. Ingatlah pada hari ketika kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat keras (QS. Al Hajj: 1-2)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate