Labels

Kamis, 07 Februari 2013

RAMADHAN BULAN AMPUNAN


RAMADHAN BULAN AMPUNAN


الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونتوب اليه , ونعوذ بالله من شرور انفسنا, ومن سيئات اعمالنا, من يهده الله فلا مضل له, ومن يضلل فلا هادي له, ونشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له, ونشهد ان محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وعلى اله واصحابه ومن تبعهم باحسان الى يوم الدين وسلم تسليما,.


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, tempat kita meminta pertolongan, tempat kita meminta ampun serta memohon perlindungan atas kejahatan nafsu dan amal-amal buruk kita. Shalawat dan salam selalu terkirim kepada baginda Rasulullah, Muhammad saw, para sahabat Beliau serta orang-orang yang mengikuti jejak Beliau sampai akhir masa.

Anakku sayang..
Hari ini kita berada di ujung akhir bulan Ramadhan. Bulan tempat menuai setiap kebaikan. Tempat setiap amal ibadah dilipatgandakan nilainya. Tempat setiap permohonan akan dijawab. Tempat segala dosa akan diampuni bagi yang bertaubat. Tempat di mana surga teramat merindukan kita. Pantas bila Rasulullah saw bersabda:   
لو تعلم امتى ما فى رمضان لتمنوا ان تكون السنة كلها رمضان
Seandainya umatku mengetahui  nilai kebaikan yang terkandung di bulan Ramadhan niscaya mereka mengharap seluruh tahun berisi Ramadhan.

Anakku sayang..
Alangkah meruginya kita bila pada bulan ini kita tidak berharap ampunan dari setiap dosa yang kita perbuat selama ini. Padahal Allah memerintahkan kepada kita untuk menjadi orang-orang yang bertaubat:
وتوبوا الى الله جميعا ايّهَ المؤمنون لعلكم تُفلحون
Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung (QS. An-Nur. 31)

Bertaubat berarti mengganti sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang baik
تبديل الحركات المذمومات بالحركات المحمودة . Bila kita sering melupakan shalat maka mulai hari ini kita bertekad untuk tidak akan pernah meninggalkan shalat. Bila kemarin dari mulut ini keluar kata-kata yang tidak terpuji maka sejak detik ini kita berjanji untuk  mengganti dengan kata-kata yang baik. Imam Ghazali mengajukan tiga syarat bagi orang yang ingin bertaubat.
اعلم ان التوبة عبارة عن معنى ينتظم ويلتئم من ثلاثة امور مرتبة: علم وحال وفعل
Ketahuilah bahwa tiga hal yang harus dipenuhi bagi orang yang ingin bertaubat. Pertama, harus meyakini bahwa betapa besar bahaya akibat dosa-dosa yang kita lakukan. Akan berakibat buruk karena dosa-dosa kita, kelak setelah diri ini meninggalkan dunia untuk menghadap Allah swt. Langkah kedua, setelah kita yakin akibat buruk sebab dosa yang kita lakukan, timbul rasa penyesalan. Dan langkah yang terakhir, yaitu tindakan untuk segera meninggalkan setiap dosa yang kita lakukan kemudian berbuat baik untuk menutupi dosa-dosa tersebut.

Anakku sayang..
Mari sama-sama di bulan yang penuh berkah ini, kita berusaha untuk menjadi hamba yang bertaubat kepada Allah swt atas segala dosa yang telah kita perbuat. Sehingga kita dapat menjadi kekasih Allah, sebagai hamba yang bersih tanpa dosa. Nabi bersabda:  
التائب حبيب الله والتائب من الذنب كمن لا ذنب له
Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Dan orang yang bertaubat dari dosa layaknya orang yang terlahir kembali tanpa dosa.

Tidak ada kata terlambat untuk bertaubat. Esok masih ada tersisa kesempatan satu hari sebelum Ramadhan berakhir. Jangan ada sesal sebab tidak ada kebaikan yang kita lakukan sampai berakhirnya bulan Ramadhan. Rasulullah bersamba:
وعن جابر عن النبى عليه الصلاة والسلام أنه قال: إذا كان اخر ليلة من رمضان بكت السموات والارض والملائكة مصيبة لامة محمد عليه الصلاة والسلام, قيل يا رسول الله اي مصيبة هى؟ قال عليه الصلاة والسلام ذهاب رمضان فان الدعوات فيه مستجابة والصدقات مقبولة والحسنات مضاعفة والعذاب مدفوع.
Dari Jabir ra, Rasulullah saw bersabda: Apabila datang akhir malam bulan Ramadhan, maka menangis langit, bumi dan para malaikat sebab ada musibah yang menimpa umat Nabi Muhammad saw. Kemudian Nabi ditanya perihal musibah yang menimpa umatnya. Nabi bersabda: Musibah yang menimpa umatku disebabkan perginya bulan Ramadhan.  Karena pada bulan Ramadhan setiap permohanan dikabulkan, setiap shodaqoh diterima, setiap kebaikan dilipatgandakan nilainya, dan tercegah setiap azab.
   
Anakku sayang..
Ada baiknya mari sama-sama kita berdoa di ujung akhir bulan Ramadhan ini, semoga Ramadhan kali ini, Allah jadikan pribadi kita bebas dari segala dosa, layaknya bayi yang baru terlahir.
اللهم بارك لنا فى رجب
Ya Allah, berikan keberkahan pada kami di bulan Rajab 
اللهم بارك لنا فى شعبان
Ya Allah, berikan keberkahan pada kami di bulan sya’ban
اللهم وبلغنا رمضان برحمة ومغفرة ورضوان
Ya allah, sampaikan diri kami di Ramadhan yang akan datang dengan mendapatkan rahmat, ampunan dan ridho dari-Mu.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
شهرُ رمضانَ الذي اُنزل فيه القرانُ هدىً لّلناسِ وبيناتِ من الهدى والفرقان



Akhir Ramadhan 1433 H

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate