Labels

Kamis, 13 Agustus 2015

MENJADI PRIBADI RAMADHAN



MENJADI PRIBADI RAMADHAN

الحمد لله الذى جعلنا من الناصحين , وافهمنا من علوم العلماء الراسخين . والصلاة والسلام على من نسخ دينُه أديانَ الكفرة والطالحين , وعلى اله واصحابه الذين كانوا بتمسك شريعته صالحين .

Anak-anakku sayang..
Bulan ramadhan tanpa terasa telah berlalu dari hadapan kita. Makhluk seisi langit dan bumi kecuali syetan laknatullah, bergembira saat awal ramadhan tela tiba. Dalam satu hadis diceritakan.
إذا هل هلال رمضان صاح العرش والكرسى والملائكة وما دونهم يقولون طوبى لأمة محمد عليه الصلاة والسلام بما عند الله تعالى لهم من الكرامة واستغفرت لهم الشمس والقمر والكواكب والطيور فى الهواء والسمك فى الماء وكل ذى روح على وجه الارض فى الليل والنهار الا الشياطين عليهم اللعنة. فاذا أصبحوا لا يترك الله تعالى أحدا منه الا يغفرله. ويقول الله تعالى للملائكة: اجعلوا صلاتكم وتسبيحكم فى رمضان لامة محمد عليه الصلاة والسلام.
Ketika terlihat bulan malam ramadhan maka berteriak arasy, kursy, malaikat dan makhluk lainnya, seraya berkata: Keberuntungan telah datang untuk umat Muhammad alahissalam dengan kemuliaan yang Allah berikan kepada mereka. Matahari, bulan, bintang-bintang di langit, burung-burung di udara, ikan di air, dan setiap makhluk bumi yang bernyawa, mereka semua memohonkan ampunan teruntuk umat Muhammad, baik siang maupun malam, kecuali syetan laknatullah. Ketika datang waktu pagi, Allah tidak menyisakan seorangpun dari umat Muhammad terkecuali ampunan yang berikan kepada mereka. Kemudian Allah berfirman kepada para malaikat: Wahai para malaikat, jadikanlah shalat dan tasbihmu di bulan ramadhan teruntuk umat Muhammad alahissalam.

Anak-anakku sayang..
Saat ramadhan pergi. Musibah besar seakan menimpa umat nabi Muhammad. Seisi alam menangis karena kepergiannya. Nabi ceritakan hal tersebut.
إذا كان اخر ليلة من رمضان بكت السموات والارض والملائكة مصيبة لامة محمد عليه الصلاة والسلام. قيل يارسول الله اي مصيبة هى؟ قال عليه الصلاة والسلام ذهاب رمضان فان الدعوات فيه مستجابة والصدقات مقبولة والحسنات مضاعفة والعذاب مدفوع.
Ketika datang malam akhir bulan ramadhan, menangis langit dan bumi serta para malaikat sebab ada musibah yang menimpa umat Muhammad. Rasulullah kemudian ditanya: Musibah apa itu wahai rasul? Rasulullah menjawab: Musibah sebab perginya bulan ramadhan. Karena di bulan ramadhan setiap doa terkabul, setiap shadaqah diterima, setiap amal baik dilipatgandakan, dan setiap azab tertolak.

Anak-anakku sayang..
Tdakkah kita malu, saat makhluk seisi langit dan bumi menangis dengan kepergian ramadhan. Akankah umur kita bisa sampai esok hari, saat ramadhan kembali tiba? Kita buang kesempatan yang Allah telah berikan kepada kita.
Mudah-mudahan ramadhan datang kepada kita tidak sekedar menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu, ramadhan menjadikan pribadi kita menjadi pribadi yang baru terlahir kembali. Yaitu pribadi yang taat, setia kepada setiap perintah-perintah Allah. Pribadi yang sabar atas segala ujian dan cobaan yang menimpa. Pribadi yang cinta kepada sesama dengan tidak memandang golongan, suku, ras, maupun agama. Serta pribadi yang takut kepada Allah, baik saat dilihat orang maupun ketika ketiadaan orang.  
  
 اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
وأمرنا لنسلم لرب العالمين. وان اقيموا الصلاة واتقوه وهو الذى اليه تحشرونَ
Dan kita disuruh agar menyerahkan diri kepada Tuhan semesta alam, dan agar mendirikan shalat serta bertakwa kepada-Nya. Dan dialah Tuhan yang kepada-Nya lah kamu akan dihimpunkan.(QS. Al An’am:71-72)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Translate