Labels

Senin, 23 Maret 2015

MUHASABAH



MUHASABAH

الحمد لله وحده . والصلاة والسلام على من لا نبى بعده سيدنا محمد ابن عبد الله وعلى اله وأصحابه ومن سار على نهجه الى يوم القيامة.

Anak-anakku sayang..
Ketahuilah bahwa setiap helaan napas yang kita hembuskan, laksana permata yang tak ternilai harganya كل نفس من انفاس العمر جوهرة نفيسة لا عوض لها . Oleh karenanya bila kita menyia-nyiakan umur kita berarti kita telah membuang kesempatan berharga yang Allah telah berikan kepada kita.

Anak-anakku sayang..
Hidup tak ubahnya kita sedang berdagang. Harus cermat dalam menjalaninya agar tidak merugi. Dihitung untung rugi sebelum dan setelahnya agar kita berhati-hati. Allah SWT berfirman:
يا ايها الذين امنوا إذا ضربتم فى سبيل الله فتبيَّنُوْا..
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi di jalan Allah, maka telitilah (QS. An Nisa: 94)
Nabi Muhammad bersabda:
إذا اردتَ امراً فتدبّرْ عاقبته فان كان رشداً فأَمْضِهِ وإن كان غَيًّا فانْتَهِ عنه
Jika kamu berkeinginan kepada sesuatu, maka pikirkanlah akibatnya. Jika baik maka lanjutkan, tapi bila buruk maka jangan teruskan.

Modal dagang kita adalah setiap kewajiban yang Allah perintahkan kepada kita. Keuntungan yang kita peroleh berasal dari kebaikan-kebaikan lainnya yang kita lakukan di luar kewajiban. Sedangkan kerugian perdagangan kita adalah setiap maksiat atau keburukan yang kita perbuat.

Anak-anakku sayang..
Mari sama-sama kita hitung umur kita, hari-hari yang telah kita lalui. Sudahkah selama ini kita laksanakan kewajiban yang Allah perintahkan? Sudahkah kita hitung setiap ucapan yang keluar dari mulut kita lebih banyak kebaikannya? Sudahkah langkah kita, genggaman tangan kita, pandangan mata kita, pendengaran kita, yang terbersit di hati kita, lebih banyak kebaikannya ketimbang keburukannya? Sayyidina Umar Radiallahuanhu berkata;  
حاسبوا انفسكم قبل ان تحاسَبوا وزِنُوْها قبل ان تُوزِنُوا
Hitunglah amal baik buruk kamu di dunia sebelum dihitung kelak di akherat. Dan timbanglah sebelum kelak akan ditimbang.
Allah SWT memerintahkan kepada kita agar selalu menghitung setiap perbuatan yang telah kita lakukan.
يا ايها الذين امنوا اتّقُوا اللهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, yaitu akherat (QS. Al Hasyr: 18)

Mudah-mudahan kita semua menjadi pribadi yang pandai berhitung, bermuhasabah tentang perbuatan yang akan kita lakukan agar kita berhati-hati dalam menjalani hidup dan segera kembali kepada Allah, bertaubat ketika ada kesalahan dalam perbuatan yang telah kita lakukan. Sehingga kita termasuk orang-orang yang beruntung dengan mendapatkan kebaikan di akherat kelak.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره. ومن يعمل مثقال ذرة شرّا يره
Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat balasannya pula (QS. Az Zalzalah: 7-8)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Translate