Labels

Selasa, 10 Juni 2014

SYA’BAN, TEMPAT PENSUCIAN HATI



SYA’BAN, TEMPAT PENSUCIAN HATI

الحمد لله الذى جعلنا من الناصحين , وافهمنا من علوم العلماء الراسخين . والصلاة والسلام على من نسخ دينُه أديانَ الكفرة والطالحين , وعلى اله واصحابه الذين كانوا بتمسك شريعته صالحين .

Alhamdulilah, segala puji bagi Allah, yang telah menjadikan bulan Rajab sebagai pensucian badan dengan cara beristighfar, menjadikan bulan Sya’ban sebagai tempat pensucian hati, dan menjadikan bulan Ramadhan sebagai wadah pensucian jiwa. Shalawat dan salam selalu terkirim kepada baginda Rasulullah, Muhammad SAW.

Anak-anakku sayang…
Hari ini, tepat tanggal 8, bulan Sya’ban tahun 1435H. Pada bulan inilah seluruh amal perbuatan manusia selama setahun lamanya dilaporkan kepada Allah SWT. Nabi bersabda:

يرفع اللهُ اعمال العباد كلها فى هذا الشهر
Allah angkat amal perbuatan manusia pada bulan ini.
Suatu ketika Nabi bertanya kepada para sahabat:

أتدرون لِم سمى شعبان؟ قالوا الله ورسوله أعلم. قال لأنه يتشعّب فيه خيرٌ كثيرٌ  
Apakah kamu tahu mengapa dinamai Sya’ban? Para sahabat menjawab: Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Nabi bersabda: Karena di dalamnya bercabang kebaikan yang banyak.
Dari Yahya bin Mu’az, dia berkata:

إن فى شعبان خمسة احرفٍ يُعطَى بكل حرف عطيّةً للمؤمنين: بالشين الشرف والشفاعة, وبالعين العزة والكرامة, وبالباء البرّ, وبالالف الألفة, وبالنون النور.
Sesungguhnya pada kata Sya’ban terdapat lima huruf yang menunjukkan kebaikan bagi orang-orang mu’min. Huruf Syin berarti kemuliaan dan syafaat, huruf ‘ain berarti keagungan, huruf Ba berarti kebaikan, huruf Alif berarti kasih sayang, dan huruf Nun berarti cahaya.

Anak-anakku sayang…
Sebentar lagi kita berada di pertengahan bulan Sya’ban atau biasa kita sebut dengan nisfu sya’ban. Malamnya adalah malam yang terbaik di sisi Allah, yang hanya bisa ditandingi dengan malam Lailatul Qadr. Sabda Nabi: 

ما من ليلةٍ بعد ليلة القدر أفضل من ليلة نصف شعبان
Tidak ada malam yang lebih baik setelah malam lailatul qadr terkecuali malam nisfu sya’ban.
Dalam hadis lain Nabi bersabda:

من احيا ليلة العيد وليلة النصف من شعبان لم يمتْ قلبُهُ حين تموت القلوب
Barang siapa yang menghidupkan, meramaikan malam ‘ied dan malam nisfu sya’ban maka hatinya tidak akan mati ketika hati-hati manusia yang lain mati.

Anak-anakku sayang…
Mari sama-sama kita perbanyak ibadah di bulan ini. Kita hias dengan beribadah di malam-malamnya dan berpuasa di siang harinya, terutama pada malam nisfu sya’ban. Sebab di malam tersebut, Allah bukakan pintu rahmat-Nya.
Pernah suatu ketika datang malaikat Jibril alaihissalam pada malam nisfu sya’ban menemui Rasulullah: 

يا محمد هذه ليلة تُفتح فيها ابواب السماء وأبواب الرحمة, فقم وصل وارفع رأسك ويديك إلى السماء
Wahai Muhammad, malam ini adalah malam dimana dibuka pintu-pintu langit dan rahmat Allah, oleh karenanya dirikanlah shalat, angkat kepalamu ke langit seraya bentangkan kedua tanganmu.
Mudah-mudahan kita mendapatkan kebaikan di bulan ini berupa rahmat Allah SWT. Diberikan kita kemulian, syafaat, keagungan, kebaikan, kasih sayang, dan cahaya yang dapat menuntun kita tetap berada di jalan-Nya.

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
اللهُ لطيفٌ بِعبادهِ  يرْزُقُ من يشاءُ وهو القوىُّ الْعزيزُ. منْ كان يُريدُ حَرْثَ الأخرةِ نَزِدْ لهُ فى حَرْثِهِ. ومنْ كان يُريدُ حَرْثَ الدنيا نُؤْتِهِ منها ومَالَهُ فى الاخرةِ مِنْ نَصِيْبٍ.
Allah maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia member rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa. Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat. (QS. Asy Syuura: 19-20)

6 Juni 2014/8 Sya’ban 1435H
Teruntuk Ananda Moh. As’ad Zahid;
Semoga rahmat Allah menyertaimu kelak ketika menjadi pemimpin
Amiin…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate