Labels

Minggu, 20 April 2014

AKHIRI HIDUP DENGAN KALIMAT TAUHID



AKHIRI HIDUP DENGAN KALIMAT TAUHID

الحمد لله الذى جعلنا من الناصحين , وافهمنا من علوم العلماء الراسخين . والصلاة والسلام على من نسخ دينُه أديانَ الكفرة والطالحين , وعلى اله واصحابه الذين كانوا بتمسك شريعته صالحين .


Alhamdulilah, segala puji bagi Allah, kita kembali bersua untuk bisa saling mengingatkan. Semoga perjumpaan kali ini dapat memberi inspirasi kita semua untuk selalu optimis berharap rahmat Allah SWT. Amiin
Shalawat dan salam selalu terkirim kepada baginda Rasulullah, Muhammad SAW. 

Anak-anakku sayang..
Apa yang menjadi tanda kebahagiaan bagi seseorang yang berada dalam detik kematiannya? Apakah harta yang berlimpah? Ataukah jabatan yang disandang? Atau anak keturunannya yang sukses di berbagai bidang?

Anak-anakku sayang..
Tanda-tanda bahagia bagi seseorang yang menjelang kematiannya adalah perasaan tenang terpancar dari raut wajahnya, dari lisannya terucap kalimat tauhid, la ila ha illallah, tiada Tuhan selain Allah. Dan dalam hatinya ada rasa optimis, khusnuzzan, bahwa rahmat Allah SWT berupa ampunan dari-Nya pasti datang bagi siapa saja yang mengharapkannya meskipun dosa menggunung. Nabi Muhammad SAW menginformasikan tentang tanda-tanda bahagia dan tanda-tanda duka bagi seseorang yang berada dalam detik-detik kematiannya;

ارقبوا الميت عند ثلاثٍ اذا رَشَحَ جبينه ودمعتْ عيناه ويبِستْ شفتاه فهو من رحمة الله قد نزلتْ به واذا غطَّ غطيط المخنوق واحمرَّ لونُه واربدتْ شفتاه فهو من عذاب الله قد نزل به.
Amatilah kondisi mayit dengan tiga tanda; jika berkeringat dahinya, keluar air mata dari kelopak matanya, dan terasa kering bibirnya, maka rahmat Allah telah turun kepadanya. Namun bila terdengar suara mendengkur laksana tercekik lehernya, raut mukanya memerah, dan berwarna debu bibirnya, maka azab Allah telah turun kepadanya.

Anak-anakku sayang..
Mari sama-sama kita berusaha mendapatkan tanda-tanda bahagia di akhir hayat hidup kita dengan mengucapkan kalimat tauhid, la ila ha illallah. Dengan demikian kita meninggal dengan ketiadaan sesuatu apapun di hati kita selain Allah. Bukankah Rasulullah memerintahkan kepada kita untuk membimbing seseorang yang telah mendekati kematian dengan ucapan la ila ha illallah;

لقنوا موتاكم لا إله إلا الله
Ajari, bimbinglah orang-orang yang mendekati kematian dengan mengucapkan kalimat la ila ha illallah.
Jaminan surga bagi seseorang yang mengucapkan la ila ha illallah ketika ajal mendekat. Nabi bersabda;

من مات وهو يعلم أن لا إله إلا الله دخل الجنة
Barang siapa yang meninggal dunia dan dalam dirinya yakin bahwa tiada Tuhan selain Allah maka surgalah jaminannya.
Dalam hadis lainnya diceritakan bahwa Abu Hurairah ra mendengar sabda Rasulullah SAW;

حضر ملك الموت رجلاً يموت فنظر فى قلبه فلم يجد فيه شيئا ففكَّ لحيَيْهِ فوجد طرْفَ لسانه لاصقاً بحَنَكِهِ يقول لا إله إلا الله فغفر له بكلمة الاخلاص
Ketika malaikat maut datang kepada seseorang lalu melihat di hatinya tidak mendapati sesuatu, kemudian membuka dagunya dan melihat ke ujung lidahnya menempel di ujung langit-langit mulutnya ucapan la ila ha illallah, maka ampunan teruntuknya dari segala dosa sebab mengucap kalimat la ila ha illallah.

Anak-anakku sayang..
Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang mendapat rahmat Allah berupa bahagia ketika ajal menjemput. Rasanya sulit kalimat la ila ha illallah kita ucapkan bila semasa hidup kita tidak membiasakannya. Mulai saat ini mari kita biasakan mengucapkan kalimat la ila ha illallah agar lidah terasa mudah mengucapkan ketika ajal datang. 

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
شهِدَ اللهُ أنه لا إله إلا هو والملائكةُ وأُولُوا الْعلم قائِماً بِالْقِسْطِ .لا إله إلا هو الْعزِيْزُ الحكيمُ
Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak disenbah melainkan Dia. Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang beriman juga menyatakan yang demikian itu. Tak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia. Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana   (QS: Ali Imran: 18).

Untuk Ananda Moh. As’ad Zahid;
Semoga Sehat Selalu ya Nak…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

About Me

Foto Saya
Ahmad Lahmudin
Saya bekerja sejak awal sebagai guru..
Saya berdoa akhir hayat sebagai guru..
Istri saya juga seorang guru..
Bila takdir anak-anak saya menjadi guru..
Mudah-mudahan kami semua diberkahi menjadi guru..
Amiin..
Lihat profil lengkapku

Translate